Alice

What do you think about Alice? Alice yang ini bukanlah Alice cantik dalam dongeng Alice in Wonderland. Alice yang satu ini berhasil membuat tidur saya tidak nyenyak dan kepala pusing semenjak dua hari yang lalu. Ini dia penampakan Alice yang berhasil membuat saya kalang kabut selama hampir tiga hari.

alicesumber : dokumen pribadi

Alice merupakan pemrograman 3D yang memudahkan kita untuk membuat animasi semisal untuk telling a story, selengkapnya dapat disimak di sini. Alice bersifat freeware yang berarti tidak membutuhkan serial number atau pun keynumber saat menggunakannya. Alice memang dirancang memudahkan pengguna dalam mempelajari object oriented programming berbasis Java. Pengguna tinggal menggunakan berbagai fungsi dan prosedur yang telah disediakan sesuai dengan objek nyata. Misal kita akan membuat objek manusia, manusia bisa bergerak ke depan, belakang, berputar dan sebagainya, yang kemudian disebut dengan prosedur. Manusia mempunyai anggota badan seperti tangan dan kaki yang bisa digerakkan, untuk membuat satu gerakan, misal lengan kanan mengayun ke depan, maka kita memanggil fungsi yang menunjukkan lengan kanan, kemudian dimasukkan ke dalam prosedur berputar’ dengan orientasi arah ke depan dan amount 0,25 untuk sudut siku.

Ribet banget yak untuk membuat satu gerakan tangan mengayun ke depan tok :|. Bandingkan saja dengan tubuh kita yang tinggal gerak dan putar sesuai engselnya hahaha 😀. Betapa Maha Besar Allah yang telah menciptakan makhluk dengan kerumitan yang kompleks jika kita hendak membuat tiruannya. Nah, tugas kuliah saya yaitu membuat cerita dengan programming tool si Alice tadi, wleh-weleh dah ckckckck. Parahnya lagi, tutorial yang tersedia di internet hanya sedikit sehingga mau tidak mau pengguna harus jeli dan pandai mengamati tingkah laku makhluk hidup untuk kemudian diterapkan dengan Alice. Membuat tiruan orang berjalan saja bisa menghabiskan waktu hampir sejam agar kelihatan alami, yaitu ketika kaki bergerak maka lengan mengayun dengan sudut yang pas.

Jadi kepikiran tentang film-film animasi 3D yang disiarkan di televisi, serumit apa yak bikinnya??? Hahahaha 😀

Advertisements

3 thoughts on “Alice

    1. waduh saya belum pernah make 3dmax mak hehehe 🙂
      kalo alice sih gampang buat pemula, soalnya tinggal drag and drop aja.yang susah paling ngepasin tiap bagian ukurannya gimana ben keliatan alami 😀
      *brb liat 3dmax

    2. oiya, keuntungannya lagi, kalau Alice tuh gak berbayar hehehe
      sepertinya masih bagusan yang 3dmax kalau mau hasil yang maksimal (setelah sekilas melihat ulasan 3dmax hehehe)
      mungkin blajar awalnya bisa pakai Alice, trus buat hasil sempurnanya pakai 3dmax 😀

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s