Ganti Gigi

Akhir April kemarin, gigi saya yang patah kembali berulah 😥 Ketika saya sedang makan jajan, tiba-tiba saya merasa ada sesuatu yang patah di dalam mulut saya. Dan ternyata memang benar, gigi saya patah lagi 😥 Sayapun jadi takut, wah jangan-jangan ntar patah lagi sedikit demi sedikit, abis dong ya? 😥 Saya pun menceritakan masalah ini kepada keluarga dan partner. Semua sepakat untuk membujuk saya agar mau merelakan gigi seri saya untuk dicabut saja, sesuai skenario tahun lalu (baca disini). Dengan mengucapkan bismillah, saya pun menguatkan diri dan membulatkan tekad untuk ke dokter gigi lagi *sigh*.

Setelah bertanya pada Ina yang pernah cabut gigi, dia merekomendasikan untuk cabut gigi di poli gigi RSUP Kariadi (gampangnya disebut Kariadi saja dalam cerita ini). Baiklah, Jumat minggu pertama Mei saya pergi kesana dengan Hanifah. Kata Ina *lagi*, nanti antrinya lama di bagian administrasi, jadi lebih baik berangkat pagi. Saya dan Hani sampai di Kariadi kira-kira pukul sembilan kurang sedikit, dan harus mengantri selama setengah jam lebih -.- Setelah selesai di bagian administrasi, kami menuju ke bagian poli gigi. Sesampainya disana, diberitahu oleh perawat bahwa dokter gigi akan tiba sekitar pukul sepuluh. Bengong dah disana hahaha 😀

Ketika dokter gigi sudah datang, saya disuruh masuk, kemudian di cek tensi darahnya. Saya pun menceritakan riwayat si gigi ini, juga perawatan yang sudah pernah dijalani selama ini. Setelah kondisi gigi diperiksa, saya diberi dua pilihan : mau dicabut dulu baru kemudian cetak gigi palsu, atau cetak dulu baru kemudian dicabut? Kalau dicabut dulu, nanti jedanya sekitar sebulan baru bisa cetak gigi. Kalau dicetak dulu, paling semingguan nanti sudah bisa cabut gigi. Dokter menyarankan untuk langsung dicabut hari itu. APAAAAH?!?! Saya belum kuat mental, dok! 😥 Akhirnya hari itu hanya diisi dengan tanya jawab seputar perawatan dan berapa kira-kira biaya yang dihabiskan untuk semuanya.

Sesampainya di kos, saya pun laporan kepada keluarga dan partner. Akhirnya diambil opsi cetak dulu baru dicabut, supaya bolongnya gak kelamaan :mrgreen: Selang seminggu dari kunjungan pertama, saya ke Kariadi lagi *kali ini sendirian* untuk cetak gigi dulu. Entah kenapa saya malah berangkat agak siang, sampai disana sekitar pukul sepuluh lebih, dan antrinya hanya lima menit saja di bagian administrasi 😆 Kemudian meluncur ke bagian poli gigi dan menunggu dokternya datang. Begitu menghadap dokter, saya katakan pilihan saya, dan langsung dieksekusi hari itu juga *alah* :mrgreen:

Saya duduk di kursi untuk pasien, kemudian perawatnya mengaduk apa gitu buat nanti mencetak bentuk rahang. Saya disarankan untuk melakukan pernapasan dengan hidung ketika proses pencetakan nanti. Setelah bahannya siap, saya disuruh membuka mulut lebar-lebar dan bahan tadi di masukkan ke mulut bagian atas sambil sedikit di tekan-tekan, sementara saya bernapas menggunakan hidung. Bahan pencetak tadi warnanya pink dan untungnya bebau mint meski ada sedikit rasa karet apa ya hahaha 😀 Begitu plat tadi dilepas, saya langsung merasa mual karena langit-langit rahang rasanya agak kesodok. Fiuuuhhh, satu rahang selesai. Saya disuruh untuk berkumur dan siap-siap untuk mencetak rahang bagian bawah. Bagian ini lebih mudah karena saya merasa seperti sedang tertawa lebar sekali supaya mulut bawah bisa terbuka lebar 😆

Tahap berikutnya yaitu memilih warna gigi yang cocok dengan gigi-gigi di sebelahnya. Ini agak ribet, karena gigi seri yang satunya kuning agak abu-abu ❓ sementara gigi taring sebelahnya (sebelah gigi seri yang mau dicabut) berwarna kuning-agak-gimana-yagitudeh hahaha 😛 Pilah pilih akhirnya ditemukan juga warna yang mendekati keduanya :mrgreen: Nanti kalau giginya sudah jadi, saya akan dihubungi oleh pihak Kariadi, untuk kemudian dilakukan prose pencabutan gigi. (Bersambung)

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

