Tips Mencetak Dokument

Hai hai 😀 Kali ini ada sedikit tips yang mungkin sebenarnya sudah banyak yang tahu, tapi bagi saya ini adalah ilmu baru 😆 yaitu tentang cara mencetak dokumen yang memiliki penomoran halaman yang berbeda, buset panjang amat yak hihihihi 😛

Kalau postingan yang ini tentang bagaimana menyimpan yang dokumen menjadi pdf, sekarang tentang cara mencetak biar gak boros kertas karena salah cetak mulu, go green lah yaaa :mrgreen: . Terkadang ketika diminta mencetak hanya halaman tertentu, kita bingung ‘gimana caranya biar tidak tertukar dengan halaman yang pake angka romawi?’. Biar lebih jelas, saya buatkan contoh kasusnya *alah* :

Dalam satu dokumen, biasanya terbagi minimal menjadi dua jenis halaman, yaitu halaman yang berangka romawi dan halaman berangka arab. Terkadang ada juga yang menjadi tiga bagian bersama dengan lampirannya, jadi nomor halamannya berupa angka romawi (untuk bagian judul, daftar isi, dan kawan-kawan), angka arab (bagian isi), dan angka arab/romawi lagi (untuk bagian lampiran). Ketika diminta untuk mencetak hanya halaman tertentu, kalau sedikit mungkin pakai current page gak masalah lah ya, tapi kalau seratus halaman dan di tengah?!?! OMG! 😆 Mungkin ini terlalu abstrak, tapi percayalah, tidak ada yang tidak mungkin manakala pembicaraan menyangkut skripsi atau LPJ *eh* :mrgreen: Nah, misal kejadian beneran, gimana dong?!
Ini dia solusinya :

  1. Jika halaman isi yang dicetak lebih banyak dari halaman bagian awal, maka bisa langsung ditulis. Misal bagian awal hanya sepuluh halaman, sedangkan yang dicetak adalah adalam 30 sampai 60 pada bagian isi, sepertinya secara otomatis printer akan merujuk ke halaman isi manakala kita isikan angka 30-60 pada bagian print page. Kalau yang dicetak halaman 5 sampai 60? Nah, terkadang ada printer pinter yang bisa mengenali maksud kita, ada pula yang kadang error. Jadi yang dicetak yaitu mulai halaman 5 angka romawi sampai halaman 60 angka arab. Buang-buang kertas, yes? Nah,bisa disiasati dengan cara no.2 dibawah ini.
  2. Blok bagian yang akan dicetak kemudian pilih current page, maka halaman yang tercetak akan sesuai dengan yang kita blok tadi. Tapi pegel kakak nye-scroll halaman segitu banyak 😥 Ini dia jurus pamungkas kita, poin ketiga!
  3. Cetak per page per section. Section pada suatu halaman bisa dilihat pada bagian header/footer di halaman tersebut. Nah, tinggal diisikan saja pada kotak dialog pengaturan printer.
    Dan, jeng jeng! Kertas pun tidk akan terbuang sia-sia karena salah mencetak lagi 😀

Kalau bingung bisa colek-colek saya muahahaha 😆

Advertisements

One thought on “Tips Mencetak Dokument

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s