Asha is Back!!

Sudah beberapa bulan belakangan ini Asha, salah satu hp saya, ngambek. Awalnya hanya sedikit masalah sama sd card-nya, eh lama-lama ngelonjak nih ngambeknya 😦 Puncaknya yaitu satu atau dua minggu yang lalu. dia tidak mau nyambung ke internet, beberapa aplikasi tidak mau jalan, bahkan ada beberapa aplikasi yang ujug-ujug hilang sendiri πŸ˜₯ Akhirnya Asha hanya bisa untuk telpon dan sms saja 😐 Saya sudah mencoba untuk restore factory setting, saya relakan semua data yang disana hilang, kecuali kontak hp yang memang saya back-up satu persatu via bluetooth ke Soner. Tapi tetap saja si Asha ini ngambek πŸ˜₯ Saya pun sudah berpikir, apa ini hp di servis ke outletnya saja ya?, gara-gara saking putus asanya utak-atik ini hp. Saya pun tanya pada paman Google, bagaimana mengatasi si Asha ini, segala macam kata kunci saya coba. Akhirnya saya menemukan titik terang untuk masalah saya ini πŸ’‘

Asha 306

Saya menuju ke web resmi Nokia yang diakuisisi Microsoft, dan disana dijelaskan bahwa kita (pemilik hp) dapat melakukan peng-install-an ulang pada hp tanpa harus dibawa ke Nokia Center. Aha! Caranya dengan mengunduh perangkat lunak yang telah disediakan (recovery tool), kemudian dapat melakukan reparasi sendiri. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk seluruh hp Nokia yang bisa disambungkan dengan kabel data, dan minimal menggunakan komputer/laptop dengan sistem operasi Windows 7. Alamakjang! Si Jepie kan masih WinXP πŸ˜₯ Saya pun berinisiatif untuk meminjam laptop Dwi, akan tetapi masalahnya yaitu koneksi saya (via modem), lelet syekalleeeee, hanya bisa untuk mengunduh installer-nya saja πŸ˜₯ Yasudahlah, saya pun berencana untuk minta tolong Ina saja, kan akses internet di tempatnya kencang πŸ˜† Awalnya, saya hanya menitipkan Asha + kabel data sama Ina, kemudian ngasih tau nanti ngunduh ini blablabla, eh ndilalah kabel datane agak-agak yagitudeh 😐 Akhirnya saya memutuskan besok saja saya kesana untuk mbenerin sendiri bermodal laptop Ina dan juga internet di kosnya. Saat saya disana, ini kabel data saya emang bikin emosi πŸ‘Ώ , untungnya bisa pinjam sama Haya, temen kos Ina. Aksi inul (install ulang) pun berlanjut. Setelah mengunduhΒ installer dan menyambungkan hp ke laptop, ternyata masih harus mengunduh perangkat lunak untuk inul ini sebesar 1,2GB *sigh* Padahal kata Ina, malam sebelumnya juga dia udah ngunduh apa gitu sebagai requirements untuk proses inul ini nanti. Ya dituruti saja lah, yang penting Asha sembuh #eh. Alhamdulillah, berkat koneksi internet yang kencang sangat, setelah setengah jam lebih, Asha pun siap untuk di recovery. Jengjeng! Detik-detik mendebarkan dimulai saat Asha mulai inul. Sekitar sepuluh menit, Asha sudah jadi seperti hp baru :mrgreen: Alhamdulillah πŸ˜€ Tapi kemudian saya ingat, kan akar permasalahan yang bikin Asha sakit ini karena SD card-nya bervirus kan, ya? Ntar bisa infeksi lagi, dong, si Asha? Ina kemudian menyarankan untuk format saja SD card-nya, terus inul lagi si Asha biar bener-bener aman. Lah, kenapa gak kepikiran tadi ya? πŸ˜† Baiklah, aksi lengkap dimulai. Format ulag SD card (secara terpisah alias dicabut dulu dari Asha), kemudian install ulang Asha dengan SD card yang telah di format. Alhamdulillah, Asha bisa normal lagi, yay!! :mrgreen: Ini dia catatan setelah melakukan install ulang sendiri denganΒ agak sotoy : – Sediakan akses internet yang mumpuni!! File buat recovery gede banget, meski intaller-nya gak nyampe 20MB – Backup semua data yang dirasa penting dengan Nokia PC Suite terlebih dahulu, baru melakukan proses inul – Karena saya memformat ulang SD card, maka semua data disana otomatis terhapus πŸ˜₯ Tahukah kamu bahwa ring tones bawaan dan kawan-kawannya di Nokia itu tidak bisa dikirim ke perangkat lain? Kesimpulannya yaitu semua ring tones dkk hilang dan silahkan mencari-cari lagi *garukgaruktembok* – Otomatis map data yang hampir 1GB juga hilang πŸ˜₯ Donlut lagi one by one deh *garukgarukmodem* – Kabar gembiranya yaitu game bawaan (yang menurut saya tidak menarik kecuali Green Farm πŸ˜› ) jadi bisa dihapus πŸ˜† Ntar tinggal remove aja shortcut2-nya muahahaha 😈 – Link tentang recovery tool untuk Nokia bisa dibaca disini

Thank you so much Ina πŸ˜€ Welcome back Asha! :mrgreen:

=========

sumber gambar :Β http://www.microsoft.com/en-ph/mobile/phone/306/

6 thoughts on “Asha is Back!!

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

