Tarif Pulkam Pasca Kenaikan BBM

Akhir pekan kemarin saya pulang ke rumah di pelosok Madiun, sekalian cek tarif bus yang biasa saya naiki setelah kenaikan harga BBM. Tentu saja saya juga menengok renovasi Terminal Tirtonadi meski hanya sekilas saja ๐Ÿ™„

Dari kos, saya naik angkot kuning yang tarifnya naik Rp 500 menjadi Rp 3.000 jauh dekat. Kemudian sesampainya di Ngesrep, saya naik angkot lagi menuju Sukun dengan tarif Rp 3.000,- Saya tidak tahu termasuk naik atau tidak karena setiap saya naik bus/angkot ke sini tarifnya berbeda-beda tergantung kebaikan hati kenek/sopir angkotnya. Yang jelas katanya sih tarif BRT gak bakal naik, tapi saya malas karena halte BRT jauuh dari Sukun ๐Ÿ˜›

Sesampainya di Sukun, ndilalah bis Safari Royal ijo-oren yang biasa saya naiki gak ada yang ngetem ๐Ÿ˜ฆ Akhirnya terpaksa deh naik Safari Lux yang harganya lebih mahal. Tarif Safari Lux Semarang-Solo Rp 30.000,- naik Rp 5.000,- dari tarif sebelumnya. Sesampainya di Terminal Tirtonadi, saya berganti bus ke arah Madiun.

Nah, kalo bus arah Madiun ini enaknya selalu ada 24 jam, tinggal pilih mau naik Eka (PATAS), Mira, atau Sumber Slamet (dulunya Sumber Kencono) ๐Ÿ˜€ Mira ataupun Sumber Slamet tarifnya juga sama, atau cuman selish lima ratus perak ampe seribu saja, kalo Eka pasti beda lah ya, kan PATAS โ— Tarif Solo-Madiun (Terminal) sekarang Rp 20.000,-, naik Rp 2.000,- dari semula. Masih lumayan lah gak terlalu ekstrim kenaikan tarifnya :mrgreen:

Nah nah, yang bikin ngenes tuh tarif bus arah Madiun-Ponorogo yang bus kecil. Dulu biasanya saya hanya membayar Rp 5.000,- dari Terminal ke Pasar Dolopo, sekarang Rp.10.000,- ๐Ÿ˜ฅ Untungnya bus jenis ini hanya beroperasi dari pagi sampai sekitar jam delapan malam, selain itu ya naik bus gede jurusan Surabaya-Ponorogo. Kalo naik bus gede tuh enak, dulu tarifnya hanya Rp 3.000,- sampai Rp 5.000,- tergantung keneknya, kemarin saya kena Rp 4.000,- saja ๐Ÿ˜€

Yang belum tahu naik apa enggaknya nih tarif ojek dari Pasar Dolopo ke rumah, karena kemarin kakak saya berbaik hati mau menjemput ย saya ๐Ÿ˜€ Biasanya sih Rp 10.000,- gak tau naik apa enggak hehehehe

Jadi total ongkos dari Semarang ke Madiun kemarin Rp (3.000×2 + 30.000 + 20.000 + 4.000) = Rp 60.000,0 saja ๐Ÿ˜€ Beti lah ama ongkos biasanya ngahahaha ๐Ÿ˜†

Kalo dari Madiun ke Semarang, hampir mirip sih, hanya saja kemarin kena Rp 5.000,- ย untuk tarif Pasar Dolopo – Ring Road. Kalo Madiun-Solo sama dengan kemarin yaitu Rp 20.000,- Sesampainya di Terminal Tirtonadi, saya bisa mendapatkan bus Safari Royal ijo-oren untuk ke arah Semarang, tarifnya juga naik Rp 5.000,- dari yang semula Rp 20.000,- Untungnya lagi, berhubung saya sampai Semarang udah jam 7 lebih, bus-nya bisa masuk kota, jadi saya turun langsung di Ngesrep ๐Ÿ˜†

Dibalik kemudahan selalu terselip kesusahan *eh*. Begitu pula dengan perjalanan saya. Setelah mendapat kemudahan bisa naik bus Safari yang lebih murah, turunnya pun langsung di Ngesrep (yang berarti saya tidak perlu ngangkot dari Sukun/ADA), saya apes karena malam itu tidak ada angkot yang lewat ke arah Tembalang ๐Ÿ˜ฅ Mau tak mau saya pun jalan kaki untuk sampai ke kos ๐Ÿ˜ฆ

Saya berjalan sambil sesekali menengok ke belakang, siapa tau ada angkot yang lewat. Alhamdulillah, waktu sampai di bawah tol, ada yang tiba-tiba menghampiri saya. Ada dedek-dedek cewek unyu yang baik hati menawarkan tumpangan untuk saya ๐Ÿ˜€ Katanya dia hendak ke Rusunawa, akhirnya saya minta untuk diturunkan di dekat maskam saja, ntar tinggal jalan dikit ke kos-an ๐Ÿ˜€ Terima kasih ya dek ๐Ÿ˜€ *maap kemarin lupa gak tanya namanya ๐Ÿ˜ฅ *

Total ongkos perjalanan dari Madiun ke Semarang yaitu Rp (5.000 + 20.000 + 25.000) = Rp 50.000,- saja ๐Ÿ˜€

Alhamdulillah, tarif angkutan-angkutan yang saya naiki harganya hanya naik sedikit ๐Ÿ˜€ Saya kaget waktu Tuan bilang harga travel Jogja_Pekalongan sekarang Rp 110.000,- atau Rp 105.000,- gitu :O Padahal dulu hanya Rp 75.000,- atau Rp 85.000,- *pukpuk Tuan* Kalau mau naik bis, agak susah sih dari Jogja ke Pekalongan, jadi ya kudu naik travel atau kendaraan sendiri.

Ongkos pulkam-mu naik banyak gak?? :mrgreen:

Advertisements

6 thoughts on “Tarif Pulkam Pasca Kenaikan BBM

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s