Dapus Otomatis di Ms.Word

Masih dalam seri utak-atik Ms.Word untuk skripsi, kali ini tentang cara membuat daftar pustaka otomatis πŸ˜€ Postingan ini dan yang sebelumnya dibuat atas permintaan dari Jhani hahahaha πŸ˜†

Sejauh dalam pengerjaan skripsi selama ini, ada dua cara dalam penulisan rujukan untuk daftar pustaka, yang pertama yaitu dengan nomor dan yang kedua yaitu dengan nama penulis dan tahun. Dulu awalnya saya mengira jika memakai ISO 690 – Numerical Reference (yang udah ada di MS.Word), maka nanti nomor dalam daftar pustaka akan mengurut secara otomatis berdasarkan nama-nama penulis yang saya masukkan. Ternyata enggak dong ya πŸ˜₯ Numerical Reference yang dimaksud ternyata berdasarkan nomor masukin referensinya ^^’ Akhirnya mau tak mau saya membuat daftar pustaka secara manual, dan tentuΒ saja saya harus meneliti satu per satu saat saya memasukkan nama penulis baru dalam daftar referensi saya, nyocokin lagi antara yang di dokumen ama dapus, aaaaarrrrghh πŸ‘Ώ

Untungnya kebijakan jurusan sudah berubah, sekarang pakai Harvard Anglia untuk citation style, yang mana akan meng-update otomatis (baik di dalam dokumen maupun di daftar pustakanya) saat kita menyisipkan atau mengubah referensi untuk dokumen kita :mrgreen: Gampang dah kalo pakai ini πŸ˜€ Here we go!

– Download style Harvard Anglia yang berupa file xsl disini.

– Taruh diΒ C:\Program Files\Microsoft Office\Office12\Bibliography\Style

– Buka Ms.Word, dan cek di bagian menu Rerefence, lihat bagian Insert Citation, cek bagian style apakah Harvard Anglia sudah masuk kesitu apa belum.

Sekarang cara pakainya gini :

– Taruh kursor di bagian yang akan dikasih rujukan, kemudian pilih menu Reference, Insert Citation, Add New Source.

dapus1

– Pada kotak dialog Create Source, tinggal isi dengan data rujukan yang digunakan. Jenis rujukannya pun bisa diganti-ganti apakah buku, jurnal, dan lain-lain.

isi data rujukan
isi data rujukan

– Klik oke, dan secara otomatis akan muncul di bagian tadi.

dapus3

– Sekali kamu memasukkan data tentang rujukanmu, kamu bisa menggunakannya lagi dengan memilihnya pada saat Insert Citation.

– Untuk menyisipkan daftar rujukan yang kamu pakai, tinggal taruh kursor di bawah Daftar Pustaka, kemudian pilih Reference, Bibliography, Insert Bibliography

dapus4

Hasilnya kaya gini, jeng jeng!

dapus5

– Jika ada data yang salah , misal namanya ada yang kurang atau tahunnya salah, kamu bisa mengubah/edit data rujukan tadi di bagian Reference, Manage Sources.

dapus7

– Kemudian pada kotak dialog Source Manager, pilih rujukan mana yang mau diubah.

dapus8

– Kalo abis ngubah atau nambah data rujukan, tinggal klik kanan di mana saja yang penting masih bagian dari bibliography, kemudian pilih Update Field.

dapus6

Selesai πŸ˜€

Hayuk hayuk berjuang lanjutkan skripsinya yak :mrgreen:

Advertisements

7 thoughts on “Dapus Otomatis di Ms.Word

    1. sip!ini juga kepikiran buat ditulis di blog gara-gara temen yang ngajuin mbak :d daripada bolak-bolak aku ngomong, noh tengok blogku aja *promosi terselubung* qiqiqiqiqi :mrgreen:

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s