Budheku

Hari ini, bertambah lagi keluarga kami yang berpulang. Setelah hampir seminggu yang lalu PakLek sepupunya Ibu meninggal dunia karena stroke, tadi pagi Bapak telpon mengabarkan kalau Mbak-nya yang pertama (alias Budhe saya) meninggal dunia tadi pagi jam 5. Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun.

credit

Biasanya saya yang tanya-tanya duluan sama Ibu/Bapak, ada kabar apa di rumah, mulai dari Apin, kakak-kakak saya dan keluarganya, sampai kabar tentang tetangga. Jarang tiba-tiba Bapak/Ibu telpon hanya untuk mengabari berita duka, seingat saya hanya pernah sekali saat PakLek saudara ipar Ibu meninggal dunia. Selebihnya ya kalau pas saya pulang baru saya mendapat update info cem-macem.

Bisa jadi karena saya termasuk keponakan yang dekat sama Budhe dan PakLek yang meninggal. jadi Bapak memilih untuk langsung memberi kabar begitu ada musibah. Saya kaget, ingat bahkan sampai sepuh pun Budhe saya masih ingat kalau saya dulu pernah dikeloni beliau saat ditinggal Bapak Ibu pulang.

Bisa dibilang kehidupan Budhe saya ini rekoso semenjak ditinggal suaminya (bahkan saya tidak pernah menjumpai suaminya karena belum lahir). Tapi alhamdulillah ada anaknya yang berhasil dan lumayan dekat sama Bapak, jadi malah kalo ada apa-apa sering ceritanya sama Bapak. Dulu anaknya ini mencari uang di Kalimantan, jadi Bapak saya sering menengok Budhe supaya bisa kabar-kabar dengan putranya yang jauh.

Oiya, Budhe saya ini punya hidangan khas saat lebaran, yaitu soto. Pernah karena keluarga saya ruwet, baru sempat sowan ke rumah Budhe rame-rame pada hari keempat lebaran. Begitu sampai, kami langsung dibuatkan soto, sengaja bahan-bahannya disisakan untuk keluarga kami šŸ™‚ Karena biasanya soto Budhe ini udah ludes pada hari kedua šŸ˜€ Bahkan beliau khawatir, apa Bapak sakit sampai-sampai baru datang pada hari keempat lebaran?

Banyak kenangan tentang beliau yang akan terus melekat, walau sekarang beliau sudah berpulang ke pemiliknya šŸ™‚

Semoga Budhe mendapat tempat yang baik di sisi-Nya. Aamiin šŸ™‚

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

