[DYK] Obat Nyamuk Alami

Menjelang musim kemarau, siap-siap nih dengan serangan dari negeri nyamuk :mrgreen:Β Nah, gara-gara ini, kebanyakan dari kita pasti mengalami ketergantungan dengan obat nyamuk, entah dalam bentuk oles, elektrik, semprot, bahkan ampe yang jadul, yaitu obat nyamuk bakar πŸ˜› Tapi tetap saja ada dampak dari pemakaian obat nyamuk ini, paling gampang sih kalo obat nyamuk oles biasanya gampang kejilat dan pait >.< Belum lagi senyawa-senyawa kimia yang terkandung di dalam obat nyamuk tersebut pasti membawa efek buruk bagi kesehatan.
Dulu awal-awal pakai obat nyamuk kertas yang dibakar sedikit ntu (tau, kan? πŸ˜› ), saya kliyengan kalo pas masuk kamar. Padahal jeda waktunya udah sejam-an lebih 😦 Ampuh sih, nyamuknya ilang semua, tapi kalo kliyengan tiap hari ya saya gak mau πŸ˜₯ Akhirnya saya beralih ke obat nyamuk elektrik. Tapi ya gitu, kadang bikin sesak dada 😦
Suatu kali waktu pulang ke rumah, saya heran, kok gak ada nyamuk blas? Padahal waktu itu musim kemarau, harusnya itu nyamuk lagi ganas-ganasnya menyerang. Rahasianya adalaaaaaaaaaaaah *jengjeeeeeeng*

baraambaaaaaaang

Bawang merah sodara-sodara πŸ˜€

Jadi di rumah kan sedang panen bawang merah, nah biar gak cepet busuk, kudu dijemur dulu. Berhubung orang-orang di rumah males ngeluarin-masukin tu bawang, ya sudah di jemur aja di ruang depan, sesekali di balik biar yang bagian bawah gak kemringet.

Ternyata ada manfaat lain dari menjemur/menaruh bawang merah di dalam rumah, yaitu bisa menghalau nyamuk πŸ˜€ Ibu aja awalnya gak nyadar, cuma heran, itu tetangga-tetangga mengeluh banyak nyamuk di rumah mereka tapi kok di rumah sendiri bersih ya?! :mrgreen:

Taunya itu efek bawang merah gimana, Nyah? ❓

Karena setelah bawang-bawang tersebut dijual, rumahku kembali diserang pasukan nyamuk πŸ˜₯ FYI, rumahku tipe rumah joglo yang ruangannya lumayan luas, jadi kalo pake obat nyamuk bakar setidaknya butuh 3 biji, kalo pake obat nyamuk elektrik malah gak mempan, diketawain nyamuk iya 😦 Obat nyamuk elektrik hanya mempan jika dipakai di dalam kamar saja hahaha

Kalo gak punya bawang merah melimpah?!

Cukup taruh irisan beberapa butir bawang merah di dekat tempat tidur, dijamin ntar nyamuknya gak mendekat πŸ˜€ Lumayan kan, tidak merusak kesehatan dan aman bagi tubuh πŸ™‚ Tidak ribet angkut-angkut pot berisi tanaman buat di taruh di kamar πŸ˜†

Advertisements

6 thoughts on “[DYK] Obat Nyamuk Alami

  1. serius nih bawang merah bisa buat mengusir nyamuk? itu nyamuk kabur semua ke tetangga gara – gara bawang merah πŸ˜›

  2. aku tuh suka heran ama nyamuk..ini binatang apa cuma ada di indonesia ato gmn ya… krn pas aku msh kuliah di Malaysia, itu ga ada nyamuk samasekali mba.. pdhl pintu rumah tmpat aku homestay slalu dibuka, sampe malam…

    btw, aku ga bisa pake cara brambang ini..krnaaaaaa mba iparku fobia brambang :D.. Bisa2 dia teriak histeris dan ga mw msk rumahku kalo tau ada brambang ;p

    ada cara lain yg lbh ampuh loh… masukin aja k rumah tanaman lavender dlm pot πŸ˜‰ Nyamuk jg ga suka ama aroma yg kluar dr lavender

    1. nah, aku juga kadang penasaran mbak hihihi di negara lain ada gak sih perang obat nyamuk kaya di sini hahaha
      takut naruh pot di dalam rumah mbak, ponakanku pecicilan semua 😦

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s