Mengurus Surat Pindah

Berhubung Nyonyah udah terikat secara sah ama Tuan dan sebagai istri sholehah, maka Nyonyah pun mengikuti kata Tuan untuk bikin Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Pekalongan. Nah, pulanglah Nyonyah ke Madiun untuk ngurus surat pindah, biar bisa jadi orang Pekalongan πŸ™‚
Yang perlu disiapin sih simpel, cukup KK asal (kan masih tercatat sebagai anak di keluarga Madiun), KTP, trus langsung cus ke kantor desa / kelurahan. Nyampe sana, ntar tinggal bilang mau bikin surat pindah. Biasanya ditanyain alamat tujuan dan alasan pindah, kalo dalam kasus saya, ya ikut suami hihihi

Kalau sudah, nanti kita dapat 2 surat yang di tanda tangani ama keplaa desa / kelurahan, yaitu surat pengantar untuk membuat SKCK di Polsek setempat ama surat pengantar pindah buat di kecamatan. Trus juga diminta untuk nyiapin pasfoto 6×4 sebanyak 10 lembar. Di tingkat ini, saya kemarin di suruh bayar 10 ribu rupiah. Gak ada setengah jam udah kelar, langsung lanjut ke tingkat kecamatan.
image

Eh, cetak foto dulu ding hihihi Trus fotokopi KK dan KTP rangkap 1 aja. Abis ntu ke Polsek, kita bilang keperluan kita ntar diarahin ama petugas disana. Kemarin sih saya diminta untuk beli 2 stopmap (yang murah gak pa-pa yang penting stopmap, bukan amplop :p ) ama fotokopi surat pengantar pindah buat di kecamatan (belum ada ttd pak camatnya). Abis ntu, di suruh ngisi form SKCK yang isinya data diri ama yaaaa sedikit basa-basi tentang catatan kelakuan kriminal kita :mrgreen: Disini, kita diminta untuk menyerahkan 4 lembar pasfoto tadi. Kalau sudah, nanti dapat sertifikat SKCK yang udah di ttd ama pihak Polsek. Kena tarif 10 ribu lagi disini ^^’
image

Lanjutkan langkah kaki ke kantor kecamatan (biasanya deket-deketan sih ama Polsek) kendaraannya taruh di polsek ajah. Disana  saya mah cuma tanya bapak-bapak yang ada disana, trus diarahin ke ruangan buat ttd surat pengantar. Abis di cek dan di tanya basa-basi lagi, di tanda tangani dan di cap lah ntu surat. Trus dikasih tahu kedua surat (pengantar kecamatan dan SKCK) di fotokopi rangkap 4, KK dan KTP slalu dibawa, dan lanjutkan perjalanan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di tingkat kabupaten.
Untungnya sih, kalo di Kabupaten Madiun, tempatnya masih di kompleks perkantoran di utara alun-alun mantan kantor bapak saya dulu. Kalo ampe ke Caruban, ampun deh, saya pasti nyeret kakak saya hahaha πŸ˜† Jauh jendraaaall!! Sesampainya di kantor Capil, saya ngomong keperluannya apa, kemudian di kasih nomor togel antrian, nunggu dipanggil ajah. Oiya, KK, KTP, surat pengantar, SKCK dan fotokopiannya tadi di taruh di stopmap yak.
Setelah duduk kira-kira 15 menit, saya udah di panggil kemudian menyerahkan berkas tadi. Eh di tanyain mana kopian surat nikahnya -_____- Kenapa daritadi gak ada yang ngasih tau tentang ini 😑 Untunglah saya nyimpen satu, udah lecek karena di bawa kemana-mana buat jaga-jaga karna udah nikah tapi KTPnya masih pada tertulis single :p Yaudah, kasihlah itu ke ibu petugas yang galak dan ketus. Ditukarlah berkas-berkas kita dengan selembar note yang isinya kapan kita boleh ambil berkas balasannya. Punya saya sih sekitar 4 hari kerja.
Udah, tinggal menunggu aja :mrgreen: Belum tau juga sik bayar berapa untuk yang tingkat kabupaten ini hahaha Ntar yak saya update kalo udah jadi πŸ˜€

update
Sesuai dengan tanggal yg tertera di note, saya ngambil berkas ke disdukcapil kabupaten. Kita dikasih KK terbaru (yang data pemohon sudah dihapus dari KK), setelah di tandatangani oleh kepala keluarga, nanti salinannya di kasih ke desa. KTP juga dibalikin, plus dikasih surat 3 bundel untuk desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten yang dituju. Surat ini tersegel, ntar dikasih waktu kita ngurus di tempat tujuan. Surat berlaku selama 30 hari terhitung dari tanggal ngajuinnya.
Nah, sudah selesai untuk yang daerah asal. Ntar nulis lagi kalo udah sah jadi warga Pekalongan hihihi :mrgreen:

Advertisements

Tiada jejak tanpa komentarmu :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s